Telp. (021) 214 818 02

Sunat 123

Pusat Sunat Modern dengan dokter sunat dan tim yang handal dan profesional.

Hal yang Sering Ditanyakan Penderita Diabetes: Berapa Lama Luka Sunat Sembuh?

Artikel Kesehatan Kamis, 04 April 2019 15:30
Nilai butir ini
(1 Pilih)
sunat123.com - Hal yang Sering Ditanyakan Penderita Diabetes: Berapa Lama Luka Sunat Sembuh? sunat123.com - Hal yang Sering Ditanyakan Penderita Diabetes: Berapa Lama Luka Sunat Sembuh?

Pasien diabetes memiliki problem serius yang bisa dihadapi kapan saja dan di mana saja. Luka kecil yang muncul pada bagian tubuh tertentu, bisa berdampak pada tindakan amputasi. Langkah tersebut dilakukan karena luka yang sulit sembuh dan menimbulkan infeksi. Kondisi ini bisa terjadi pada beragam jenis luka, termasuk luka akibat sunat. Tidak heran kalau penderita diabetes was-was kalau ingin menjalani sunat.

Dengan risiko seperti itu, sunat pada penderita diabetes harus dilakukan dengan cermat. Anda tidak hanya harus melakukan persiapan matang, tetapi juga perlu penanganan serius agar luka akibat sunat bisa sembuh dengan cepat. Luka sunat dengan metode konvensional pada anak-anak, umumnya bisa sembuh dalam waktu sekitar 1-2 minggu. Sementara itu, luka sunat untuk pria dewasa, memakan waktu yang lebih lama, kurang lebih 1 bulan.

Lalu, bagaimana dengan luka sunat pada penderita diabetes? Apakah bisa sembuh dalam waktu yang sama seperti halnya pada pria normal? Terkait pertanyaan yang satu ini, jawabannya adalah bisa. Hanya saja, waktu penyembuhan normal tersebut bisa terjadi ketika penderita diabetes dapat mengontrol kandungan gula darah dalam tubuhnya. Kandungan gula tinggi pada penderita diabetes, membuat luka jadi sulit mengering.

Pada situasi seperti ini, luka tersebut sangat rentan terhadap serangan infeksi, baik infeksi jamur ataupun bakteri. Selain itu, ada pula risiko terjadinya gangrene, kondisi ketika jaringan tubuh tidak mendapat pasokan darah cukup dan mati. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penanganan luka sunat secara serius dan hati-hati.

Tips Menangani Luka Sunat Penderita Diabetes

Cara menangani luka sunat pada penderita diabetes harus lebih intens dibandingkan pada pria normal. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk penanganan tersebut adalah:

1. Bersihkan luka secara rutin

Tips pertama yang perlu Anda lakukan untuk menangani luka sunat adalah dengan membersihkannya secara rutin. Pada dewasa normal, saat setelah sunat perban yang dipasang kalau kering cukup diganti hari ke 3 atau ke 4. Namun pada pasien dengan diabetes, perban harus diganti tiap hari. Luka ahrus dibersihkan dengan cairan NaCl 0,9% atau RL. Tak lupa, Anda juga harus melakukan penggantian pembalut luka secara rutin.

2. Lakukan pengontrolan kandungan gula darah

Kontrol ketat terhadap kadar gula darah dalam tubuh juga menjadi hal yang wajib. Cara pengontrolan kadar gula darah bisa dilakukan dengan menjaga pola makan sehat. Jangan lupa pula untuk melakukan olahraga secara rutin dan meminum obat antidiabetes. Kalau perlu, Anda juga bisa melakukan suntik insulin.

3. Hindari berhubungan intim dengan istri

Hubungan intim menjadi hal yang harus dihindari dulu ketika luka sunat masih belum benar-benar sembuh. WHO menyarankan agar hubungan intim setelah sunat boleh dilakukan setidaknya setelah memasuki hari ke-42, ketika luka sunat pada penis sembuh total. Pada prinsipnya hubungan intim hanya boleh dilakukan apabila luka sudah benar-benar sembuh, mungkin pada pasien dengan diabetes harus menunggu lebih sampai kondisi luka baik dan siap digunakan.

4. Kurangi adanya tekanan pada luka

Anda juga perlu mengurangi adanya tekanan pada daerah di sekitar luka. Sebagai contoh, hindari penggunaan celana ketat atau kain yang tebal. Adanya tekanan dan meningkatnya kelembaban di area luka bisa menghambat proses penyembuhan.

5. Jaga asupan nutrisi

Asupan nutrisi juga perlu dijaga, khususnya kebutuhan protein. Anda perlu tahu bahwa protein bisa membantu dalam proses perbaikan jaringan kulit. Selain protein, Anda perlu pula memperhatikan nutrisi lainnya, seperti mineral, vitamin, serat, ataupun lemak.

6. Perhatikan kondisi munculnya tanda-tanda infeksi

Tips selanjutnya, Anda perlu memperhatikan adanya gejala infeksi pada luka sunat. Gejala infeksi dapat diketahui ketika muncul pembengkakan, rasa hangat di sekitar luka, ataupun demam. Selain itu, infeksi juga dapat diketahui ketika luka terlihat berair, bernanah, serta muncul bau tidak sedap.

7. Konsultasi dengan dokter

Hal yang tak boleh terlewatkan adalah dengan melakukan konsultasi secara rutin kepada dokter. Hal ini penting untuk menghindari kejadian buruk yang tidak diinginkan.
Itulah tips penting yang harus diperhatikan para penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

dr. Iman Hilmansyah

Penulis adalah Dokter di Klinik Sunat 123

Artikel Pilihan

Artikel Kesehatan

Serba - Serbi

Tentang Kami

Hai, sunat123.com adalah Pusat Sunat Modern yang didirikan oleh beberapa Dokter Umum dan Dokter Bedah yang berpengalaman luas dalam bidang sunat .

Sunat 123 memposisikan diri sebagai klinik yang fokus memberikan berbagai pelayanan Sunat Modern yang dilakukan  oleh dokter dan tim yang handal dan profesional.

Kontak Kami

Sunat 123 Jakarta
Jl. Percetakan Negara No. 52-C
Rawasari, Cempaka Putih Jakarta Pusat 10570
No. Telp:
(021) 214 818 02, 0822 19 123 123
Sunat 123 Cibitung (Segera Dibuka)
Jl. Teuku Umar No. 22, Kel. Telaga Asri, Kec. Cikarang Barat
Kab. Bekasi. Jawa Barat